Selasa, 26 Maret 2013

TIPS DAN TRIK MERAPIKAN PINGGIR RAINBOW CAKE

Terkadang kita penasaran dengan bentuk cake yang rapih di bagian pinggirnya sehingga terlihat cantik dan seksi....apalagi cake jenis rainbow yang warna warninya sangat menarik perhatian.

*Kelihatan lebih rapi dari percobaan pertama*

So...langsung saja ya dicatat tips dan trik merapikan pinggiran cake ( wa bil khusus si rainbow cake) Simak baik-baik yahh....*gaya bu guru* :

  1. Keluarkan cake dari loyang setelah matang dan dinginkan diatas cooling rak (kawat rak/tatak kue)
  2. Setelah cake dingin, segera susun setiap layer cake dengan memberikan filling yang diinginkan (bisa selai, buttercream, ganache, cheese frosting dan sebagainya)
  3. Setelah selesai penyusunan cake, segera masukkan cake dalam chiller/kulkas kurang lebih selama 1 jam atau sampai cake agak mengeras/kokoh
  4. Keluarkan cake dari kulkas dan letakkan diatas meja putar/lazzy susan (apabila tidak ada , bisa diletakkan diatas loyang atau alas yang lebih tinggi
  5. Siapkan pisau pemotong yang tajam dan gunakan sisi yang flat/lurus. Celup pisau pemotong pada air panas kemudian lap dengan tissue bersih
  6. Potong pinggir cake dengan lebar minimal 3mm atau sesuai kebutuhan. Cara memotongnya adalah dengan menggerakkan pisau kearah kanan-kiri (seperti gerakan menggergaji) secara perlahan dari arah atas.
  7. Setiap selesai memotong salah satu sisi cake, segera celupkan kembali pisau pada air panas. Apabila terdapat remah2 yang menempel pada pisau segera bersihkan dengan tissue (agar tidak menempel pada potongan selanjutnya)
  8. Apabila cake yang akan dirapihkan berukuran besar misal ukuran 30cm maka sebaiknya setelah selesai memotong satu sisi cake segera masukkan cake kembali kedalam kulkas selama kurang lebih 15 menit. Hal ini dilakukan untuk mencegah filling dan cake terlanjur lemas/meleleh kembali.
  9. Langkah terakhir adalah rapihkan kembali sisa remahan potongan cake yang masih tercecer. Gunakan spatula berujung lancip agar terlihat rapih.
  10. Silahkan dicoba....

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar